FKDM Kota Sukabumi

Perbincangan dan Obrolan Seputar Kota Sukabumi Setiap Hari, Pukul 19.30 - 23.00 WIB

Senin, 30 Mei 2022



Seorang anak dilaporkan meninggal dunia  akibat tenggelam di Sungai, Warung Kalapa RT 001 RW 001 Kelurahan Lembursitu, Kecamatan Lembursitu.

Tim gabungan menemukan Raihan (14) bocah asal Cikundul, Lembursitu, Kota Sukabumi meninggal dunia setelah sebelumnya hanyut dan hilang saat berenang di Sungai Cipelang tepatnya di Kampung Warung Kelapa, Lembursitu, Kota Sukabumi.

Seperti diketahui, ia bersama teman-temannya berenang di sungai setelah berlatih pencak silat di daerah Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi.

Petugas BPBD Kota Sukabumi Kusnawan mengatakan proses pencarian berlangsung selama dua jam dengan menerjunkan tim SAR gabungan sebanyak 17 orang. Saat ditemukan, bocah tersebut berada di bagian dalam sungai.

"Korban meninggal dunia. Kita evakuasi dari jam 13.00 WIB sampai 15.06 WIB sekitar dua jam lebih. Proses pencarian lumayan sulit karena aliran sungai bawahnya deras ada lubang ke dalam, kedalaman sekitar 6-7 meter diukur menggunakan bambu," ujarnya Minggu (29/5/2022).

Kusnawan mengatakan, aliran sungai Cipelang bagian dalam cukup deras dan terdapat pusaran air yang mengarah ke dalam lubang. Saat ditemukan, korban pun sudah terbujur kaku, tetapi belum terdapat perubahan warna di tubuhnya.

"Ditemukan pas kena bambu, baru keluar. Korban posisinya di bawah, kepalanya di bawah tangannya agak ke atas. Jadi ada pusaran lubang, kondisi di bawah air itu muter deras dan masuk ke dalam itu (lubang)," ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Lembur Situ AKP Dedi menambahkan saat ini korban dibawa ke RS Al Mulk untuk mendapatkan pemeriksaan dan kemudian dibawa ke rumah duka. Dia mengatakan, pihak keluarga menolak untuk dilakukan autopsi.

"Atas permintaan keluarga, keluarga tidak berkenan untuk diautopsi. Dia ditemukan di lokasi tempat awal sekitar 20 meter," ujarnya.

Sebelumnya, 3 orang murid perguruan pencak silat di Sukabumi hanyut di Sungai Cipelang, pada Minggu sekira pukul 11.45 WIB.

Informasi yang dihimpun oleh FKDM Kota Sukabumi dari berbagai sumber dan anggota FKDM Kecamatan  menerangkan bahwa awalnya 11 orang murid perguruan silat Cadas Raga usai latihan silat dan turun ke sungai, lalu tiba-tiba 3 orang dari rombongan tersebut hanyut terseret arus sungai sepanjang 100 meter.

Dua orang korban dapat diselamatkan, tetapi Raihan hilang. Tim gabungan dari TNI Polri beserta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran (Damkar), Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi berserta relawan lain, mencari korban.

Kapolsek Lembursitu, AKP Dedi Suryadi mengatakan bahwa korban selamat bernama Elsa (14) dan Parli (11) keduanya warga Kampung Babakan Cimenteng, Kelurahan Lembursitu, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi.
 

Dari Berbagai Sumber dan Laporan Anggota FKDM Kecamatan Lembursitu

0 Tanggapan